RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN : SMPN 2 RAJEG
MATA PELAJARAN
: FISIKA SMP
KELAS : VII Umur 13
tahun
MATERI POKOK
:
Besaran dan Satuan
Tujuan Pembelajaran
Kognitif :
1. Siswa mampu memberikan contoh tentang
satuan panjang, satuan massa, satuan waktu, satuan suhu (C2)
Alasan : Digunakannya kata kerja
operasional memberikan contoh tentang (C2) ini karena untuk kelas VII
SMP (Tahap Operasional Formal) dapat mempunyai kemampuan menyimpulkan yang
logis materi yang diberikan gurunya, sehingga dapat memberikan contoh
tentang satuan panjang,satuan massa, satuan waktu, dan satuan suhu.
2. Siswa mampu mengidentifikasikan
besaran-besaran pokok(C1)
Alasan : Digunakannya kata kerja
mengidentifikasikan (C1), karena untuk kelas VII SMP (Tahap Operasional
Formal) dapat mempunyai kemampuan memikirkan dan
membayangkan konsep sehingga diharapkan mampu mengidentifikasikan
besaran-besaran pokok.
Afektif :
1. Siswa mampu ikut serta dalam praktek
pengukuran dengan menggunakan alat ukur (A3)
Alasan : Digunakannya kata kerja
operasional ikut serta (A3), agar siswa dapat memiliki kemampuan dalam
menggunakan alat ukur yang mereka pelajari sehingga apabila diterapkan di
dalam kehidupan sehari-hari mereka sudah mampu mengukur dengan menggunakan
alat tersebut.
2. Siswa mampu mengubah/mengkonversikan
satuan-satuan didalam besaran pokok (A4)
Alasan : Digunakannya kata kerja
operasional mengubah/mengkonversikan (A4), agar siswa dapat memiliki
kemampuan berpikir dalam mengkonversikan satuan-satuan besaran pokok.
Psikomotorik :
1. Siswa mampu menggunakan alat-alat yang
digunakan dalam satuan panjang, satuan massa, satuan waktu, dan satuan suhu (P4)
Alasan : Digunakannya kata kerja
operasional menggunakan (P4), karena siswa telah mampu memberikan contoh
tentang satuan panjang, satuan massa, satuan waktu, dan satuan suhu.
Oleh karena itu siswa diharapkan juga mampu menggunakan alat-alat yang
digunakan dalam satuan panjang, massa, waktu, dan suhu.
2. Siswa mampu menggunakan Satuan
Internasional dalam pengukuran (P4)
Alasan : Digunakannya kata operasional
menggunakan (P4), karena apabila tujuan kognitif dan afektif tercapai
siswa juga akan mampu menggunakan satuan internasional dalam pengukuran.
Metode
Kontruktivisme
Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru mengucapkan salam dan menanyakan
keadaan siswa
2. Guru mempimpin doa sebelum kegiatan
belajar mengajar dilaksanakan
3. Guru mengabsen kehadiran siswa
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
5. Guru bertanya secara lisan tugas baca
mencari informasi tentang besaran dan satuan
Kegiatan Inti
1. Guru membagi siswa menjadi beberapa
kelompok kecil, masing-masing terdiri dari 6 orang
2. Guru meminta siswa agar duduk
berdasarkan kelompoknya
3. Guru meminta siswa agar mendiskusikan
pertanyaan yang gurunya tanyakan kepada siswa terutama pertanyaan yang belum
terjawab
4. Guru membagikan materi (pertanyaan
yang belum terjawab) untuk masing-masing kelompok dengan materi besaran dan
satuan
Kenapa mikrometer sekrup lebih teliti dibandingkan dengan jangka
sorong? Jelaskan!
Bagaimana cara menggunakan alat ukur panjang?
Bagaimana cara menggunakan alat ukur waktu?
5. Guru meminta siswa untuk mengambil
jangka sorong, micrometer sekrup, dan stopwatch
6. Bagi kelompok yang kebagian diskusi
tentang cara menggunakan alat ukur, diharapkan mengambil alat ukur yang telah
tersedia di meja
7. Guru memulai diskusi yang telah
diberikan kepada masing-masing kelompok
8. Selama diskusi berlangsung, guru
mengecek masing-masing kelompok
9. Masing-masing kelompok berdiskusi
tentang materi yang diberikan, kemudian menyimpulkan materi tersebut
10. Perwakilan kelompok
menyampaikan kesimpulan dari diskusinya
11. Bagi siswa yang belum
mengerti, maka diperbolehkan bertanya
Penutup
1. Guru memberikan tepuk tangan kepada
perwakilan masing-masing kelompok yang maju
2. Guru menjelaskan kembali tentang hasil
diskusi mengenai materi besaran dan satuan
3. Guru memberikan tugas kepada
masing-masing kelompok untuk membuat dan melukis gambar alat ukur (tidak
diperbolehkan untuk diprint)
4. Guru menutup kegiatan belajar mengajar
dengan membaca hamdalah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar