Selasa, 17 Juni 2014

RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN : SMPN 2 RAJEG
MATA PELAJARAN        : FISIKA SMP
KELAS                                 : VII Umur 13 tahun
MATERI POKOK               : Besaran dan Satuan



Tujuan Pembelajaran
Kognitif :
1.      Siswa mampu memberikan contoh tentang satuan panjang, satuan massa, satuan waktu, satuan suhu (C2)
Alasan : Digunakannya kata kerja operasional memberikan contoh tentang (C2) ini karena untuk kelas VII SMP (Tahap Operasional Formal) dapat mempunyai kemampuan menyimpulkan yang logis materi yang diberikan gurunya, sehingga dapat memberikan contoh tentang satuan panjang,satuan massa, satuan waktu, dan satuan suhu.

2.      Siswa mampu mengidentifikasikan besaran-besaran pokok(C1)
Alasan : Digunakannya kata kerja mengidentifikasikan (C1), karena untuk kelas VII SMP (Tahap Operasional Formal) dapat mempunyai kemampuan memikirkan dan membayangkan konsep sehingga diharapkan mampu mengidentifikasikan besaran-besaran pokok.

Afektif :
1.      Siswa mampu ikut serta dalam praktek pengukuran dengan menggunakan alat ukur (A3)
Alasan : Digunakannya kata kerja operasional ikut serta (A3), agar siswa dapat memiliki kemampuan dalam menggunakan alat ukur yang mereka pelajari sehingga apabila diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari mereka sudah mampu mengukur dengan menggunakan alat tersebut.

2.      Siswa mampu mengubah/mengkonversikan satuan-satuan didalam besaran pokok (A4)
Alasan : Digunakannya kata kerja operasional mengubah/mengkonversikan (A4), agar siswa dapat memiliki kemampuan berpikir dalam mengkonversikan satuan-satuan besaran pokok.


Psikomotorik :
1.      Siswa mampu menggunakan alat-alat yang digunakan dalam satuan panjang, satuan massa, satuan waktu, dan satuan suhu (P4)
Alasan : Digunakannya kata kerja operasional menggunakan (P4), karena siswa telah mampu memberikan contoh tentang satuan panjang, satuan massa, satuan waktu, dan satuan suhu. Oleh karena itu siswa diharapkan juga mampu menggunakan alat-alat yang digunakan dalam satuan panjang, massa, waktu, dan suhu.

2.   Siswa mampu menggunakan Satuan Internasional dalam pengukuran (P4)
Alasan : Digunakannya kata operasional menggunakan (P4), karena apabila tujuan kognitif dan afektif tercapai siswa juga akan mampu menggunakan satuan internasional dalam pengukuran.

Metode
Kontruktivisme
Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan menanyakan keadaan siswa
2.      Guru mempimpin doa sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan
3.      Guru mengabsen kehadiran siswa
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
5.      Guru bertanya secara lisan tugas baca mencari informasi tentang besaran dan satuan

Kegiatan Inti
1.      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil, masing-masing terdiri dari 6 orang
2.      Guru meminta siswa agar duduk berdasarkan kelompoknya
3.      Guru meminta siswa agar mendiskusikan pertanyaan yang gurunya tanyakan kepada siswa terutama pertanyaan yang belum terjawab
4.      Guru membagikan materi (pertanyaan yang belum terjawab) untuk masing-masing kelompok dengan materi besaran dan satuan
Kenapa mikrometer sekrup lebih teliti dibandingkan dengan jangka sorong? Jelaskan!
Bagaimana cara menggunakan alat ukur panjang?
Bagaimana cara menggunakan alat ukur waktu?
5.      Guru meminta siswa untuk mengambil jangka sorong, micrometer sekrup, dan stopwatch
6.      Bagi kelompok yang kebagian diskusi tentang cara menggunakan alat ukur, diharapkan mengambil alat ukur yang telah tersedia di meja
7.      Guru memulai diskusi yang telah diberikan kepada masing-masing kelompok
8.      Selama diskusi berlangsung, guru mengecek masing-masing kelompok
9.      Masing-masing kelompok berdiskusi tentang materi yang diberikan, kemudian menyimpulkan materi tersebut
10.    Perwakilan kelompok menyampaikan kesimpulan dari diskusinya
11.    Bagi siswa yang belum mengerti, maka diperbolehkan bertanya

Penutup

1.      Guru memberikan tepuk tangan kepada perwakilan masing-masing kelompok yang maju
2.      Guru menjelaskan kembali tentang hasil diskusi mengenai materi besaran dan satuan
3.      Guru memberikan tugas kepada masing-masing kelompok untuk membuat dan melukis gambar alat ukur (tidak diperbolehkan untuk diprint)
4.      Guru menutup kegiatan belajar mengajar dengan membaca hamdalah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar