Rabu, 13 Januari 2016

DISPERSI

Dispersi yaitu peristiwa terurainya cahaya putih (polikromatik) menjadi cahaya yang berwarna-warni (monokromatik), seperti terjadinya pelangi. Pelangi merupakan peristiwa terurainya cahaya matahari oleh butiran-butiran air hujan. Peristiwa peruraian cahaya ini disebabkan oleh perbedaan indeks bias dari masing-masing cahaya, di mana indeks bias cahaya merah paling kecil, sedangkan cahaya ungu memiliki indeks bias paling besar. Peristiwa dispersi juga terjadi apabila seberkas cahaya putih, misalnya cahaya matahari dilewatkan pada suatu prisma.
            Prisma adalah benda bening (transparan) terbuat dari gelas yang dibatasi oleh dua bidang permukaan yang membentuk sudut tertentu yang berfungsi menguraikan (sebagai pembias) sinar yang mengenainya.
            Permukaan ini disebut bidang pembias, dan sudut yang dibentuk oleh kedua bidang pembias disebut sudut pembias (β).


Sudut deviasi ( δ ) adalah sudut yang dibentuk oleh perpanjangan sinar datang mula-mula dengan sinar yang meninggalkan bidang pembias atau pemantul.



CONTOH SOAL
1.      Seberkas sinar matahari datang pada sebuah prisma dengan sudut datang 200. Sudut pembias prisma 300 dan indeks bias prisma untuk sinar ungu dan sinar merah masing-masing nungu : 1,675 dan nmerah : 1,638. Hitung sudut deviasi sinar merah!

Penyelesaian :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar